Manokwari: Sebuah Daerah Tujuan Wisata Di Papua Barat

Keindahan Pulau Mansinam Manokwari

Manokwari adalah sebuah kota kecil di pantai utara Papua Barat. Sekarang ia menjadi ibu kota Provinsi Papua Barat dari Republik Indonesia. Dalam bulan-bulan belakangan ini, jumlah wisatawan yang datang ke kota ini meningkat.

Kebanyakan dari mereka tertarik menjelajahi keindahan alam hutan tropis yang masih dalam kondisi perawan.

Beberapa penyelam scuba memilih Manokwari sebagai tujuan mereka karena mereka tahu ada bangkai-bangkai kapal di teluk Dore.

Kapal-kapal yang telah tenggelam ini berasal dari era Perang Dunia II. Beberapa pelancong mengatakan bahwa Manokwari adalah Hongkongnya Papua Barat.

Kota Manokwari Papua

Di dekat Manokwari, ada hutan lindung. Namanya adalah Gunung Meja atau Table Mountain. Ada berbagai jenis binatang liar seperti burung, ular, kuskus, soa-soa dan babi hutan hidup di hutan dari gunung tersebut.

Selama musim hujan, bermacam warna dan bentuk jamur muncul dari tanah dan kayu yang membusuk.

Jika para turis berjalan semakin dalam menerobosi belantara hutan Gunung Meja, dengan bantuan pemandu wisata lokal, mereka bisa menemukan gua alam yang merupakan rumah yang aman bagi kelelawar, kadal-kadal yang eksotik dan burung walet.

Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan gua-gua ini. Hanya mereka yang benar-benar mengetahui Gunung Meja dengan baiklah yang bisa menentukan lokasi di mana gua-gua ini berada.

Penjelajahan gua-gua alam di hutan Gunung Meja Manokwari merupakan aktivitas menarik dan menyenangkan yang suka dilakukan para pelancong ketika tinggal di kota ini.

Setelah berjalan menerobosi hutan hijau tua dan menghirup udara segar yang dihasilkannya, para pelancong bisa meneruskan tour mereka menemui seniman-seniman Papua yang membuat ukir-ukiran kayu, kain tenun buatan tangan, dan lukisan-lukisan kulit kayu.

Turis asing suka membeli kain tenun dan beberapa ukiran kayu karena barang-barang ini mudah dimasukkan ke dalam tas perjalanan mereka.

Pemandangan kota Manokwari dianggap salah satu pemandangan terbaik di dunia. Kota ini memanjang sepanjang Teluk Dorey yang dikelilingi Pegunungan Arfak.

Di laut tiga pulau – Mansinam, Lemon dan Raimuti yang menyediakan perairan berlabuh yang baik untuk kapal dan perahu layar (yacht).

Leave a Reply